Rangkaian Charger Baterai Nickel-Cadmium NiCad


Gambar Rangkaian diatas merupakan gambar skematik rangkaian untuk Charger Baterai  Nickel-Cadmium Nicad. Rangkaian charger ini dapat digunakan untuk 8 sampai 10 baterai NiCad sekaligus dengan tegangan keluaran sebesar12 volt dan arus amper maksium adalah 3,5A. Komponen utama rangkaian Charger Baterai  Nickel-Cadmium NiCad adalah UC3843 dan MC34181. UC3843 merupakan chip regulator tegangan dan M34181 merupakan OpAmp JFET dengan karakteristik low offset voltage, impedansi input yang sangat tinggi. MC34181 berfungsi sebagai voltage komparator.

Charger Baterai  Nickel-Cadmium NiCad yang tampilkan dalam blog ini merupakan Fast Charger Baterai NiCad, dinamakan demikian  karena charger ini dapat melakukan pengisian Sel Baterai NiCad dengan sangat cepat. Berikut ini merupakan beberapa kelebihan rangkaian charger ini dengan rangkaian lainnya:

1. Autoshut-off, merupakan kemampuan charger untuk menghentikan arus pengisian ke sebuah baterai NiCad jika kapasitas baterai NiCad sudah terisi penuh.
2. Polarity Protection, dengan adanya kemampuan ini maka jika terdapat pemasangan baterai yan terbalik pada charger dapat diketahui.
3. Tegangan output konstan
4. Arus output cukup untuk mengisi beberapa baterai NiCad sekaligus secara paralel.
5. Short Circuit Protection, dengan adanya rangkaian proteksi ini maka jika terjadi hubungan singkat yang ditimbulkan oleh baterai maupun rangkaian charger sendiri tidak akan merusak bagian yang lain yang tidak rusak.


Total 1795 people found the following post helpful:
Rangkaian Charger Baterai Nickel-Cadmium NiCad
with Average Rating 5.3 / 7

Recent Post