12 VDC Rangkaian Power Supply Transistor


Rangkaian Power supply diatas hanya dilindungi oleh kapasitor sebagai pengaman apabila power supply ini dihubungkan dengan beban pada rangkaian. Maka dari itu disarankan memakai kapasitor dengan tegangan minimal 35 V. Rangkaian Power Supply 12 VDC dengan menggunakan Transistor di atas dapat diaplikasikan untuk membuat adaptor atau power supply dengan tegangan output/keluaran 12VDC.

Untuk daya pengaman yang lebih, alangkah baiknya menggunakkan transistor TIP, Dan untuk dioda bridge nya dapat disusun dari 4 dioda kemudian disolder menjadi satu bridge rectifier atau dapat juga membeli dioda bridge rectifier yang berbentuk menyamping atau kotak di toko elektronik terdekat. Yang paling bagus  atau disarankan, dioda tersebut memiliki arus 1 Amper, dsoalnya didalam rangkaian adaptor, semakin besar arus amper diodanya semakin bagus jalannya arus di dalam rangkaiannya.

Perhatian!!:

Untuk rangkaian power supply 5 V ini, pembaca dapat mengganti volt regulator diatas dengan tipe 7805 dan 7905. Aplikasi ini berlaku sama pada rangkaian ini. Untuk variasi rangkaian seperti fuse ataupun switch on/off dapat dipraktekkan sendiri. Transformator 18 V – CT minimal 1 A, Kapasitor minimal 35 V.


Total 1795 people found the following post helpful:
12 VDC Rangkaian Power Supply Transistor
with Average Rating 5.3 / 7

Recent Post